Kamis, 24 April 2014

CARA PERAWATAN BURUNG GELATIK YANG BAIK


Burung gelatik merupakan burung yang mempunyai suara merdu sehingga jarang heran jika banyak yang memeliharanya dan diadakan lomba burung gelatik. Untuk mendapatkan burung gelatik yang bersuara merdu, diperlukan perawatan yang tekun. Berikut akan kami berikan beberapa langah dalam memelihara burung gelatik agar cepat gacor.

Tips merawat burung gelatik

Ketahui jenis kelamin Burung Gelatik

BurUng gelatik yang suka berkicau adalah burung gelatik jantan. Untuk mengetahui apakah gelatik yang kita miliki berkelamin jantan atau betina dapat dilihat dari ciri-ciri berikut.

Burung gelatik jantan memiliki postur yang lebih besar dibandingkan dengan gelatik jantan

Burung gelatik jantan memiliki hitam legam dengan warna hitam di bagian dada hingga ekor sedangkan gelatik betina berwarna hitam keabu-abuan denganwarna hitam pada bagian dada ynag tidak menyambung hingga bagian ekor.

Gelatik jantan memiliki kicauan yang lebih bervariasai daripada gelatik betina.
Memandikan gelatik

Mandikan burung gelatik pada pagi hari menggunkan semprotan burung. Atau jika kita tidak mau repot kita bisa menyediakan cepuk agar si burung mandi sendiri.
Penjemuran Burung Gelatik

Lakukan penjemuran agar si burung dapat terkena cahaya matahari. Penjemuran cukup dilakukan selama 1 atau 2 jam. Setelah itu letakkan burung ditempat yang teduh.
Pemberian pakan Burung Gelatik

Pakan burung gelatik sebaiknya menggunakan voer burung dan untuk menambah nutrisi, kita bisa menggunakan beberapa hewan kecil seperti jangkrik, ulat, dan kroto.

Pemasteran Burung Gelatik

Untuk mendapatkan kicauan gelatik yang merdu, kita harus melatihnya menggunakan burung master yang ersuara merdu seperti kacer, kenari, dan cucak hijau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar