Selasa, 01 Maret 2016

PAKAN ALAMI BURUNG GELATIK

PAKAN ALAMI BURUNG GELATIK
Pakan yang harus diberikan adalah pakan pokok dan pakan alami. Pakan alami yang harus diberikan kepada burung adalah seperti kroto, ulat hongkong dan jangkrik.


Jangkrik merupakan pakan alami burung gelatik wingko pada saat burung tersebut masih berada di alam liar. Jangkrik diberikan 2 kali setiap harinya. Waktu pemberian pakan yang tepat adalah pada pagi hari dan sore hari.

JANGKRIK
Pada saat pagi hari dan sore hari merupakan waktu yang tepat untuk memberikan pakan alami jangkrik tersebut. Pada pagi hari jangkrik diberikan sekitar 3 jangkrik dan pada sore hari burung gelatik wingko diberikan sekitar 2 jangkrik saja.

Pemberian jangkrikpun bukanlah memberikan langsung ke pada burung. Melainkan kepala pada jangkrik di patah kemudian jangkrik siap diberikan kepada burung gelatik wingko.

KROTO
Pakan alami burung gelatik wingko selanjutnya adalah kroto. Tujuan memberikan kroto pada burung berkicau khususnya burung gelatik wingko adalah supaya burung setiap harinya berkicau.

Apa yang membuat burung gelatik wingko rajin berkicau setelah memakan kroto? Itu dikarenakan di dalam kroto tersebut mengandung protein yang tinggi, maka dari itulah burung gelatik wingko menjadi rajin berkicau setiap harinya karena memakan kroto.

Pemberian kroto tidaklah harus diberikan setiap hari seperti pemberian jangkrik. Kroto hanya diberikan seminggu sekali saja. Pemberiannya pun hanya sekitar kurang lebih 2 sendok teh. Jangan memberikan kroto terlalu banyak.

Karena kroto memiliki efek samping yaitu jika burung diberikan kroto terlalu berlebihan maka burung akan over birahi. Jika sudah over birahi maka burung tidak akan mau berkicau.

ULAT HONGKONG
Pakan alami yang terakhir adalah ulat hongkong. Pemberian ulat hongkong harus dilakukan setiap hari. Pemberian ulat hongkong hanya 4 ekor saja. Jangan berlebihan memberikan ulat hongkong.

Seperti kroto, ulat hongkong juga memilki efek samping juga yaitu dapat mengakibatkan kerusakan pada mata bahkan mengakibatkan buta permanen pada mata burung.

VOER
Makanan pokok yang harus diberikan pada burung adalah berupa voer. Voer merupakan pakan buatan yang diberikan sebagai pengganti pakan alami.

Voer harus diberikan kepada burung gelatik wingko setiap hari agar burung terbiasa memakan voer dan lama kelamaan makanan yang di makan pada saat masih di alam liar seperti jangkrik digantikan oleh voer.

1 komentar: