Rabu, 10 September 2014

MEMBANGUN KANDANG PENANGKARAN GELATIK WINGKO


Gelatik wingko kini makin banyak diburu, seiring mulai ramainya kontes burung yang melombakan jenis burung tersebut. 

Salah satu hal yang membuat burung ini makin popular adalah perawatan yang relatif mudah, sifatnya yang cepat beradaptasi dengan lingkungan baru, serta suaranya yang kerap dijadikan master bagi burung-burung berkicau lainnya.

Dalam postiingan tentang burung gelatik wingko kali ini blogburung akan menyajikan tentang bagaimana sebaiknya membangun kandang penangkaran burung gelatik wingko yaitu sbb:   

1. Ukuran kandang yang ideal untuk sepasang burung Gelatik jawa adalah kandang yang berukuran 30 cm x 40 cm.

2. Anda bisa menggunakan kerangka kayu atau besi sebagai bahan utama untuk membuat kandang, lalu tutup dengan kawat kasa yang berukuran 1 cm x 1 cm.

3. Sebaiknya anda menggunakan kawat kasa agar kandang mendapatkan penyinaran yang baik dari matahari. Karena burung Gelatik sangat suka mandi maka sinar matahari yang masuk ke dalam kandang akan sangat berguna untuk penjemuran setelah burung selesai mandi.

4. Anda bisa menggunakan seng, genting, asbes dan tripleks sebagai atap kandang.

5. Jika anda tidak ingin membuat kandang sendiri, anda juga bisa membeli kandang yang sudah jadi. Biasanya kandang yang dijual sudah dilengkapi dengan sarang buatan di dalamnya. Harga kandang ini cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp 350.000,- yang berisi

6 kotak dan bisa menampung sekitar 5-10 ekor burung Gelatik Jawa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar