Jumat, 26 Juli 2013

BURUNG GELATIK BATU YANG GAMPANG DIPELIHARA



Meski namanya sama-sama gelatik, Burung gelatik batu tidak ada hubungan kerabat dengan burung gelatik jawa. Kalau gelatik Jawa adalah sebangsa burung pipit atau bondol, yang makanannya biji-bijian sedangan gelatik batu makannya serangga kecil. Burung gelatik batu perawakannya kecil dan punya kicau bagus yang tidak kalah dengan burung kicauan jenis lainya, Burung Gelatik Batu punya ciri khas unik dan mudah dikenali. Hal yang membuat burung ini cepat populer adalah perawatan yang relatif mudah, sifatnya yang cepat beradaptasi dengan lingkungan baru, serta suaranya yang cocok sebagai master bagi burung-burung berkicau lain semacam kenari. 

Dari sisi klasifikasi biologi, gelatik batu termasuk dalam genus Parus. Kalau gelatik batu memiliki nama ilmiah Parus major dalam bahasa inggris dikenal sebagai Coal Tit. Saat ini yang ramai dipasaran adalah sub spesies dari gelatik batu yang dikenal dengan Gelatik wingko yang nama ilmiahnya adalah Parus major minor. Gelatik wingko ini adalah salah satu dari 34 subjenis dari gelatik batu di seluruh dunia. 

Tubuh berukuran kecil kira kira kurang lebih 13 cm. warna tubuh burung ini berwarna hitam, abu-abu dan putih, pada areal kepala dan kerongkongan berwarna hitam serta terdapat bercak putih disisi muka. terdapat strip putih pada sayapnya. Perbedaan pada burung gelatik batu jantan adalah terletak pada garis hitam yang melingkari leher memanjang ke dada sampai ekor. Sedang kan pada betina garis hitam tersebut hanya sampai dada saja, Sangat mudah bukan untuk dapat membedakan burung jantan dan betina kususnya untuk para pemula? pada burung gelatik batu muda juga sudah terdapat ciri garis hitam ini khususnya pada burung pada jantanya walaupun warna tersebut agak samar. Jadi walau kita mendapatkan bakalan muda hutan dapat langsung membedakan antara burung betina atau burung jantan. 

Burung jenis ini memiliki pembawaan energik dan lincah, aktif bergerak naik turun di pucuk pohon atau areal tanah. burung jenis ini diketahui senang berburu dalam kelompok/koloninya atau berpasangan, dialam liar jenis burung tersebut memakan berbagai jenis serangga. Umumnya burung jenis ini berkembang biak pada bulan april-juni.

PERAWATAN BURUNG GELATIK BATU RELATIF MUDAH


Burung ini dikenal sangat mudah dipelihara dan tidak gampang stress. Untuk perawatan harian burung gelatik batu hanya cukup dimandikan dengan disemprot dengan air lalu dijemur. Kemudian untuk melatih mentalnya cukup dengan sering di gantung dengan burung lainya seperti ciblek atau burung dengan ukuran yang hampir sama agar mendapatkan variasi suara yang cukup bervariasi . Untuk memancing agar rajin berkicau lebih baik lagi dengan burung yang sudah gacor. Satu kekurangannya, Burung ini tidak begitu pintar meniru suara burung lainnya. Pada awalnya gelatik batu dipelihara untuk mastering burung kicau yang sudah populer seperti kacer ,murai batu, anis dan lain-lain


MAKANAN BURUNG GELATIK BATU

Pakan yang dapat di berikan kepada burung gelatik batu jika burung tersebut sudah memakan voer halus bisa juga diberikan ulat kandang , ulat hongkong maupun jangkrik yang berukuran kecil bisa diberikan tiap hari agar menambah birahi burung tersebut supaya dapat berkicau, Apabila sudah rajin berkicau berikan kroto tiap 2 hari sekali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar